Minggu, 27 Februari 2011

Memahami Konsepsi Syiah & Sufi tentang "Nubuwwah" : Bantahan Keras Sunni terhadap Konsep Kenabian yg mereka yakini.


By Fabaks


Bermula dari konsep shufi besar Ibnu`Araby soal "Nubuwwah al-Aulia" & "Nubuwwah al`Ammah" (lihat "Futuhah al-Makkiyah" Ibnu`Araby),. konsepsi ini kemudian diadopsi oleh mereka yg menyebut diri sbg aliran Ahmadiyyah Qodiyan yg sekarang tengah menjelma sbg "Bola Panas" di Indonesia (fitnah besar).. => Silahkan dibaca ..

Prakata oleh : "Husein Muhammad" (Ulama & Budayawan Cirebon).

Inti dr konsepsi ini adalah bahwa menurut "Ibnu `Arabi" dan pengagumnya dan atau pensyarahnya "Abdul karim al-Jili", mengatakan bahwa kenabian itu ada dua : kenabian umum dan kenabian khusus. Kenabian khusus telah selesai/berhenti/berakhir pada nabi Muhammad Saw. Tidak ada lagi Nabi dan Rasul sesudahnya. Tetapi missi kenabian tidak boleh berhenti sampai kiamat/akhir zaman. Ini disebut kenabian umum. Kenabian ini tidak sama dengan kenabian khusus. Kenabian umum tidak membuat hukum sendiri. tetapi mengikuti hukum (syari'at) kenabian khusus (Nabi Muhammad Saw).


Ada sejumlah istilah yang digunakan untuk kenabian umum ini. Antara lain Nubuwwah Qamariyah (Kenabian rembulan), Nubuwwah al Warits (Kenabian yang mewarisi), Nubuwwah Muthlaqah (Kenabian umum) dan Nubuwwah Bathinah (Kenabian batin). Sementara kenabian khusus, disebut : Nubuwwah Syamsiyah (Kenabian matahari). Nubuwwah maurutsah (kenabian yang diwarisi), dan Nubuwwah Zhahirah (Kenabian lahir).

Abdul Karim al Jili menyebut beberapa contoh orang yang dikatagorikan sebagai Nubuwwah 'Ammah / Ghair Tasyri'(tidak menetapkan/membuat hukum), antara lain Abu Yazid al Bisthami, Abu al Qasim Al-Junaidi al Baghdadi, Muhyiddin Ibnu Arabi dan Abdul Qadir al Jilani. Masyarakat muslim pada umumnya menyebut mereka ini sebgai Wali atau Awliya Allah. Ibnu Arabi menyebut Nbuwwah Wilayah (kenabian Wali).

Pernyataan dua sufi besar di atas, menimblkan kontroversi hebat di kalangan masyarakat muslim.. Wallahu A'lam.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

التّشَيُّع وَالتّصَوُّف(7)/ إجْــرَاءُ النُّــبُوة

يقول الشيخ إحسان إلهي ظهير( رحمه الله ) في كتابة ( التَّصَوُّفُ المنْشَأ وَالمَصَادِر ) في الباب الثالث التّشَيُّع وَالتّصَوُّف

إجْــرَاءُ النُّــبُوة 
وبهذه المناسبة نريد أن نذكر هنا عقيدة صوفية خبيثة أخرى , أخذوها من بعض فرق الشيعة , من الخطابية , والخرمية , والمنصورية وغيرها بأن رسالة الله لا تنقطع أبدا , وأن النبوة جارية , ويأتي نبيّ حينا بعد حين [1] 

وهم بدورهم أخذوها من اليهودية مثل العقائد الأخرى كما ذكره ولهوزن : ( أن النبي الصادق واحد يعود أبدا ) [2] 

ومعلوم أن هذه العقيدة لم تعتنقها فرق الشيعة إلا للقضاء على الإسلام وهدم كيانه , وفتح الأبواب على الدجالين والكذابين لترويج نبواتهم الباطلة ودعاويهم الكاذبة , وإخراج المسلمين عن حظيرة الإسلام , وإدخالهم في بؤرة الكفر والإرتداد , وإبعادهم عن محمد الصادق المصدوق الأمين عليه الصلاة والسلام وعن شريعته السماوية السمحاء , ونشر الفتن والقلاقل بينهم , وفكّ جمعيتهم , وتشتيت شملهم , وتفريق كلمتهم , وتمزيق جماعتهم , والقضاء على شأنهم وشوكتهم , وسدّ سيل النور كي لا يعمّ المعمورة , ويشمل الكون , ووضع العراقيل في طريقه , مخالفين النصوص الصريحة المعارضة في كلام الله المحكم , وحديث رسول الله الثابت عنه عليه الصلاة والسىلام مثل قوله جل وعلا { مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ }[3] 

وقوله تبارك وتعالى : { الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِينًا }[4] 
وقوله جلّ من قائل : { وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ }[5] 
وقوله : { قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا }[6] 
وقول رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( أنا خاتم النبيين لا نبيّ بعدي ) [7] 
وقوله عليه الصلاة والسلام : إني آخر الأنبياء ومسجدي آخر المساجد ) [8] 
وقوله صلى الله عليه وسلم : ( مثلي ومثل الأنبياء كمثل قصر أحسن بنيانه , ترك منه موضع لبنة , فطاف به النظار يتعجبون من حسن بنيانه إلا موضع تلك اللبنة , فكنت أنا سددت موضع اللبنة , ختم بي البنيان , ختم بي الرسل ) [9] 

وغيرها من الأحاديث الكثيرة الكثيرة في هذا المعنى ولكن القوم يقولون عكس ذلك , معرضين عن كلام الله وكلام رسوله صلى الله عليه وسلم , متبعين غير سبيل المؤمنين , فيقول شيخهم الأكبر متفوها الكفر الصريح 

( ويجمع النبوة كلها أم الكتاب , ومفتاحها : بسم الله الرحمن الرحيم . فالنبوة سارية إلى يوم القيامة في الخلق . وإن كان التشريع قد انقطع , فالتشريع جزء من أجزاء النبوة , فإنه يستحيل أن ينقطع خبر الله وأخباره من العالم , إذ لو انقطع لم يبق للعالم غذاء يتغذى به في بقاء وجوده : قل لو كان البحر مدادا لكلمات ربي لنفد البحر قبل أن تنفد كلمات ربي ولو جئنا بمثله مددا , : ولو أن ما في الأرض من شجرة أقلام والبحر يمده من بعده سبعة أبحر ما نفدت كلمات الله , وقد أخبر الله أنه ما من شيء يريد إيجاده إلا يقول له : كن , فهذه كلمات الله لا تنقطع , وهي النداء العام لجميع الموجودات . فهذا جزء واحد من أجزاء النبوة لا ينفد , فأين أنت من باقي الأجزاء التي لها ) [10] 

فهذه هي عقيدة القوم بلسان قدّيسهم , وفي فتوحاته التي يقولون فيها , وفيه 
فـوحات شيخي غادة مدنية كستها نفيسات العلوم ملابسا
فلا عجب لو تشتهيها نفوسنا وأبحاثها أبدت إليـنا نفائسا
فلله دّر الشيخ أكبر عصره بأنفاسه لا زال يحيى المجالسا

وهذه العقيدة هي التي شجعت الكثيرين من المتنبئين والكذابين على الله أن يدّعو النبوة بعد محمد صلوات الله وسلامه عليه , مثل الغلام القادياني الذي استشهد على تنبئه بكلام ابن عربي هذا [11], وغيره من الدجاجلة الآخرين , مع تصريح رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( لا تقوم الساعة حتى يخرج ثلاثون دجالون , كلهم يزعم أنه رسول الله , وأنا خاتم النبيين لا نبي بعدي ) [12] 

ولكن ابن عربي يقول معاكسا لذلك في فتوحاته ( ويتضمن هذا الباب المسائل التي لا يعلمها إلا الأكابر من عباد الله , الذين هم في زمانهم بمنزلة الأنبياء في زمان النبوة , وهي النبوة العامة 
فإن النبوة التي انقطعت بوجود رسول الله صلى الله عليه وسلم إنما هي نبوة التشريع لا مقامها فلا شرع يكون ناسخا لشرعه صلى الله عليه وسلم , ولا يزيد في حكمه شرعا آخر , وهذا معنى قوله صلى الله عليه وسلم : إن الرسالة والنبوة انقطعت , فلا رسول بعدي ولا نبي , أي لا نبيّ بعدي يكون على شرع يكون مخالفا لشرعي , بل إذا كان , يكون تحت حكم شريعتي ... فهذا هو الذي انقطع وسدّ بابه , لا مقام النبوة ) [13] 

فهل يقول المتنبئون الدجالون الكذابون غير هذا ؟

فإنهم لا يلتقطون إلا من موائد الصوفية وخوانها , ولا يستوحون إلا من أمثال شيخهم الأكبر 

ويقول ابن عربي كذلك مجيبا على سؤال الترمذي الملقب بالحكيم : أين مقام الأنبياء من مقام الأولياء ؟ يجيب على هذا ويقول 
( وإن كان سؤاله عن مقام الأنبياء من الأولياء , أي أنبياء الأولياء – وهي النبوة التي قلنا أنها لم تنقطع , فإنها ليست نبوة الشرائع – وكذلك في السؤال عن مقام الرسل , الذين هم أنبياء فلنقل في جوابه : أن أنبياء الأولياء , مقامهم من الحضرات الإلهية الفردانية , والاسم الإلهي الذي تعبدهم ( هو ) الفرد , وهم المسمون الأفراد 
فهذا هو مقام نبوة الولاية , لا نبوة الشرائع . وأما مقام الرسل , الذين هم أنبياء فهم الذين لهم خصائص على ما تعبدوا به أتباعهم . كمحمد صلى الله عليه وسلم , فيما قيل له : ( خالصة لك من دون المؤمنين ) في النكاح بدون الهبة . فمن الرسل من لهم خصائص على أمتهم ومنهم من لا يختصه الله بشيء دون أمته 

وكذلك الأولياء : فيهم أنبياء , أي خصوا بعلم لا يحصل إلا لنبي , من العلم الإلهي . ويكون حكمهم من الله , فيما أخبرهم به , حكم الملائكة . ولهذا قال (تعالى ) في نبي الشرائع : ( ما لم تحط به خبرا ) , أي ما هو ذوقك , يا موسى ! مع كونه كليم الله . فخرق ( الخضر ) السفينة , وقتل الغلام حكماً , وأقام الجدار - مكارم خلق – عن حكم أمر الإلهي , ( هذا كله ) كخسف البلاد على يدي جبريل ومن كان من الملائكة . ولهذا كان الأفراد من البشر بمنزلة المهيمن من الملائكة , وأنبياؤهم منهم بمنزلة الرسل من الأنبياء ) [14] 

هذا ويقول الآخرون مثل ما قاله ابن عربي , فيقول الفرغاني 

( أما الولاية فهي التصرف في الخلق بالحق , وليست في الحقيقة إلا باطن النبوة , لأن النبوة ظاهرة الأنباء , وباطنها التصرف في النفوس بإجراء الأحكام عليها 
والنبوة مختومة من حيث الأنباء , إذ لا نبيّ بعد محمد صلى الله عليه وسلم , دائمة من حيث الولاية والتصرف ) [15] 

وأما السهروردي المقتول فيقول ( إن اتفق في الوقت متوغل في التأله والبحث فله الرياسة , وإن لم يتفق فالمتوغل في التأله المتوسط في البحث . وإن لم يتفق فالحكيم المتوغل في التأله عديم البحث , وهو خليفة الله 
ولا تخلو الأرض من متوغل في التأله أبدا ) [16] 

فهذه هي عقيدة أخرى منافية للإسلام ومخالفة له , ومعارضة لأسسه وقواعده , مناقضة لشرعته وتعاليمه , متبطنة الكفر أشد الكفر , ومتضمنة الارتداد كل الارتداد , مأخوذة من الشيعة واليهودية 
ومعروف أنهم لم يخترعوا هذه العقيدة ولم يختلقوها ليوصلوا المتصوفة إلى مقام النبوة ومكانتها كما وصّل الشيعة إليها أئمتهم , فوصفوهم بجميع أوصاف النبوة , واختصاصاتها , ومن أهمها العصمة

14 komentar:

  1. wa`Alaykumm Salam ,,,

    monggo pinara, mas Hubab.

    BalasHapus
  2. Salam

    jadi intie prien kuh mang ?????

    BalasHapus
  3. jd, qt tdk bisa menjudge pmahaman org lain ttg memahami islam,. dlm islam tntu saja ada beragam pandangan, termasuk soal ini (nubuwwah)., slh satu dr berbagai pandangan yg (kbetulan) berbeda dg kebanyak masyarakat muslim di dunia (termasuk diIndonesia) adalah Ibnu `Araby ttg konsepsinya soal nubuwwah.

    dan ternyata mnurut saya (klo boleh berhemat) ini hanya soal perbedaan istilah penyebutan aja qok bagi para guru2 islam., yah, gak lebih.

    BalasHapus
  4. terus ... berkaitan dengan istilah 'reformer' / mujadid yang konon akan lahir secara periodik per 100 tahun yang akan melakukan pencerahan tentang keislaman itu bagaimana?

    BalasHapus
  5. berkaitan dg istilah "reformer"/"mujaddid" seperti yg kita pahami, nah yg ini adalah konsepsi sunni (Ahlussunnah wal-Jama`ah).

    klo kita merujuk kpd konsepsi mereka (Ahmadiyyah dg berdasar kpd konsepsi "Ibnu`Araby"nya diatas)maka status sang "reformer"/"mujaddid" ini sama halnya disebut Nabi (bukan nabi khusus, tetapi nabi umum). nabi sbg pembawa misi & visi kenabian khusus (Rasulullah Muhammad SAW).

    BalasHapus
  6. Yang menjadi polemik pada kasus Ahmadiyah adalah adanya keyakinan bahwa Mirza Ghulam Ahmad berfungsi ganda yaitu sebagai mujadid dan juga Almasih, sejauh mana Aswaja mencermati wacana Almasih ini?

    BalasHapus
  7. hehehe,. yo klo gt, mas Hubab musti bnyk baca & menggali lg ttg apa/siapa : aliran "Ahmadiyah/Mirza Ghulam Ahmad" itu,. cobalah cari tau dari aliran mana ia berasal (maksudnya ttg latar belakang pemahaman islamanya) Sunni, Syiah atau bahkan Shufi.. kelak -dari sana- kita pun bisa tau (atau paling tdk) kita bisa memahami/mengerti akan konsepsinya ttg kenabian (sbgmana keterangan diatas ttg konsepsi nubuwwah oleh Ibnu`Araby).

    sederhananya gini deh mas, tarolah dlm sekup lokal, di Tgb misalnya, coba lihat siapa yg paling alim (ttg agamanya), atau siapa yg paling berani dlm mmberikan bnyk pencerahan keagamaan trhdap masyarakat muslim Tgb pda umumnya (ambil contoh Kang Omat pondok Gede misalnya), mka dlm konsepsi Syiah/Shufi "Kg.Omat tsb layak disebut sbg seorang Nabi" (nabinya org Tgb).. jd, soal ini, lagi2 hanya soal istilah penamaan saja, yah tdk lebih. sbb dlm persepsi org Tgb Kg.Omat adalah sosok Kiyai/Ulama/org Alim atau apa lah istilahnya yg ternyata berbeda jauh dg konsep syiah, ya kan ?.

    mas Hubab, begitulah konsep kenabian antara Sunni dan Syiah, memang berbeda.

    >>>>>>>>>>>>>>>

    soal Ahmadiyyah, itu kita bedakan mnjadi dua friksi besar : Qodian dan Lahore,. aliran Ahmadiyah (Lahore) dlm konsepsinya itu sama dg (mirip dg) Sunni, yakni mendudukkan "Mirza Ghulam Ahmad" hanya sbg Mujaddid/waliullah/org suci/guru besar (Kyai/ulama)., sedangkan yg aliran Ahmadiyah Qodian, ini yg mirip Syaih dlm pmahaman konsepsi nubuwwah plus mengadopsi dari konsep Ibnu`Araby sbgmana keterangan diatas.. (ini pun jangan kita pahami sbg Nabi Khusus, akan tetapi hanya sbg Nabi Umum).

    >>>>>>>>>>>

    yukk,. mariii ... hehehe.

    BalasHapus
  8. yupz.. thnks bgt atas penjelasane, dan udah googling jiaaah ttg siapa Mirza Ghulam. betewe kalo boleh ngasih saran, blognya dipisahin ama warna; entry teks dan tab teksnya bukan sekedar indah tapi biar ada bedanya tema. koment dllll hehe...

    BalasHapus
  9. hahaha,. ya nih mas Bro, ni dau lg eksperimen bae kih rang, maklum drg na sing cocok layout,e ..

    well, thanks mas bro sarannya.

    BalasHapus
  10. waduh... tembus akeh bae followers, beres kih. go publik, majuuuu...

    BalasHapus
  11. yukkk., serbuuu ,. hahaha..

    mksh mas udh mampir..

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,,,,,,,,Kang Fabaks,....punten kih kang pan takon.....

    Sepintas tentang ahmadiyah.
    kalau orang awam yang tidak pernah baca berita ttg ahmadiyah tapi hanya melihat dari stasiun televisi dan mendengar dari radio atau tetangga,temen dll...kalau tiba2 orang awam itu bertanya kepada seseorang baik yang tau betul ttg agama / hanya tau sedikit ttg agama.???

    Simplenya kita jawab ap ttg ahmadiyah?

    BalasHapus
  13. wa`Alaykum salam ang Goni,..

    waduhh, kosi mampir cah ang Gonie (merupakan kehormatan tersendiri kih Ang bwt saya), hehe.

    well, soal Ahmadiyah, jwb ja ang : "mereka saudara kita, seiman & seagama", mereka bertauhid sama sperti umat islam lainnya, paling tdk, posisikan mereka sbg saudara kita sesama umat manusia (ANAK CUCU ADAM AS).

    kalau toh faktanya bnyak jg dr pandangan2 mereka -soal aqidah, tafsir & lain2- yg scara kasat mata seakan2 berbeda dg kbanyakan muslim lainnya didunia (sprti halnya konsep nubuwwah misalnya) anggap ja itu perbedaan pemahaman & pemikiran (atTafheem watTafkir) dlm islam, dan itu fitrah Ang..

    dan cobalah ang Goni pahami lg soal konsep nubuwwah ala Ibnu `Arabi (artikel ini) plus konsep syiah & sufi SOAL KENABIAN yg kemudian diadopsi oleh Ahmadiyah., ternyata ini hanya soal pemikiran sj lho Ang, ga lebih.

    dan perbedaan pndangan smacam ini ternyata bkn perbedaan soal prinsip dlm islam., hakikatnya mereka jg tetap mengakui Rasulullah Muhammad saw sbg Nabi akhir zaman., dan syahadat mereka jg sma sprti kita (ASYHADU AN-LAILAHA ILLALLOH. WAASYHADU ANNA MUHAMMADAN RASULULLOH).

    yuukk ,,,

    BalasHapus

Berikan kesan dan pesan yg baik lagi bijak.