Kamis, 22 Januari 2009

Indahnya meretas Ukhuwah Islamiyyah.

By Trisula Community

Islam selalu menghendaki ukhuwah yang bersih lahir dan batin. Hingga persaudaraan hangat yang muncul pun bukanlah lips service semata, namun memang terpatri kuat di dalam dada. Untuk memujudkannya, Rasulullah SAW. memberikan kiat-kiatnya : Beritahukan kecintaan anda kepada yang anda cintai atas nama Allah : ...

Dari Anas ra., ketika seseorang berada disisi Rasulullah SAW, lalu seorang sahabat berjalan melewatinya. Orang yang berada disisi Rasulullah tersebut mengatakan, "Ya Rasulullah, aku mencintai dia." Rasul bersabda : "Apakah kamu sudah beritahukan padanya ?." Orang itu menjawab, "Belum". Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Beritahukan kepadanya !..”, Orang itu pun memberitahukan kepada sahabatnya dan berkata, "Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah." Kemudian sahabatnya menjawab, "Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karenaNya" (HR. Abu Dawud).
Mohon dido'akan dari jauh bila berpisah, Saling tolog menolong dalam kebaikan, tiada prasangka dalam bersaudara, Tunjukkan kegembiraan dan "senyuman" bila berjumpa saudara, Berjabat tangan dan saling bermaafan ketika bertemu maupun akan berpisah, Sering bersilaturahmi, memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya, Memenuhi hak ukhuwah saudaranya, Yaitu : mengucapkan dan menjawab salam, membela mukmin yang digunjing / didzolimi, menutupi aib saudaranya, memperhatikan nasihat yang disampaikan, memenuhi undangannya, mendoakan jika bersin, dan berinteraksi dalam rangka dakwah dijalanNya.

Itulah warisan yang tampak jelas bernilai tinggi bahwa hak-hak ukhuwah tersebut mencakup setiap muslim yang meyakini Allah sebagai Rabbnya, Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya, Al Qur'an sebagai imamnya, dan Islam sebagai diennya.

Sesuatu yang hari ini semakin menipis melapisi aktivitas kita. Kapankah kiranya kita akan tergerak membenahinya ? Semua bergantung pada nilai diri dan keyakinan akan janji Allah dan Rasulnya. Maka saling tolong menolonglah kita secara lahir dan batin, sungguh Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang suka tolong menolong.

Semoga ukhuwah ini makin harmonis yang buat laju dakwah semakin bertambah .manis. dan tak akan mengering hingga ke ujung hati tiap Muslim. Wallahu alam bish showwab.

(Dari berbagai sumber). "Ya Allah..sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan kecintaan hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepadaMu, bersatu dalam rangka menyeru (dijalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya ya Allah.. abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakkal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma'rifah-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalanMu, Amin."

Pussy (Yogyakarta)

Date :23.01.09-24.01.09

Location : Bumi Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan kesan dan pesan yg baik lagi bijak.